Wow, Ganti Mesin Mobil ke Listrik Rp 150 Juta

Anda ingin mengganti mesin mobil Anda menjadi mobil dengan penggerak motor listrik? Siapkan saja kocek Rp 150 juta, dan Lembaga Ilmu dan Pengetahuan Indonesia (LIPI) siap mengubah mobil Anda menjadi mobil listrik.

LIPI sebelumnya sukses mengkonversi mesin mobil konvensional Toyota Kijang keluaran 1990 menggunakan mesin
listrik. Nah setelah itu, LIPI juga siap melayani masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan mesin listrik yang diklaim ramah lingkungan itu.

Hal itu diungkapkan Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Syahrul Aiman di sela-sela media gathering di Bandung, Kamis (18/3/2010).

"Antusias masyarakat sangat besar dengan mobil listrik kita untuk itu jika ada pemilik mobil yang berniat untuk mengkonversi mesin konvensionalnya dengan mesin bertenaga listrik kita sangat siap," kata Syahrul.

Syahrul menjelaskan dana yang harus disiapkan oleh konsumen sebesar Rp 150 juta.

Dana tersebut dipergunakan untuk mengganti mesin mobil dan mengantikan penggerak as roda dengan motor 3 phase bertegangan 96 VAC dan baterai LED ACID sebanyak 16 buah.

Motor listrik itu bisa mengeluarkan tenaga sebesar 52 hp dengan torsi 156 Nm.

Sedangkan untuk performa, motor listrik tersebut dapat dipacu hingga 120 km/jam dengan jarak tempuh 75 km. LIPI mengklaim motor listrik itu cukup diisi ulang dengan waktu 6 jam dengan tegangan 220 volt.

"Kita melihat semakin borosnya penggunaan bahan bakar minyak. Dan kita menawarkan solusi yang baik untuk kepentingan bersama dengan menjaga agar minyak tetap utuh," ucapnya.

Sementara Ketua Peneliti Temilek LIPI Abdul Hapid menjelaskan penggunaan baterai untuk sementara menggunakan LED ACID karena bahannya tergolong murah dan tidak menggunakan seperangkat baterai ion litium yang saat ini harganya masih sangat mahal yakni sekitar Rp 250 juta.

Namun untuk kedepannya LIPI akan mengaplikasikan baterei berbasis ion litium yang dinilai cukup baik.

"Namun pemasangan ion litium tidak menutup kemungkinan menyebabkan harga konversi menjadi lumayan wah. Tapi jika ada pemilik mobil yang bersedia kita siap untuk melayaninya," tambahnya. (http://oto.detik.com)

Related Posts:

0 Response to "Wow, Ganti Mesin Mobil ke Listrik Rp 150 Juta"

Posting Komentar