'Huntara' untuk Korban Merapi Resmi Diluncurkan Sri Sultan

Yogyakarta - Rumah hunian sementara atau Huntara, Senin (22/11) pagi ini diresmikan peluncurannya oleh Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Huntara yang pertama ini adalah bagian dari 2500an rumah hunian sementara yang akan dibangun pihak Pemda bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Rumah-rumah ini akan menggantikan barak-barak pengungsian yang sekarang ditempati oleh penduduk yang rumahnya terkena dampak langsung letusan G. Merapi.


Selesai mengunjungi model rumah contoh yang di bangun oleh Posko Jenggala, Gubernur mengatakan bahwa rumah-rumah ini nantinya akan dilengkapi dengan listrik, air serta fasilitas MCK, harganya berkisar 6-7 juta rupiah.

“Ada beberapa pengusaha yang telah menghubungi untuk membantu penyediaan Huntara ini,” jelas Sultan.


Acara dihadiri juga oleh Kepala BNPB Syamsul Ma’arif, yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa proyek ini adalah proyek kemanusiaan, untuk tahap pertama akan dibangun sejumlah 300 rumah, yang diharapkan selesai dalam waktu 3 bulan.

“Pembuatan rumah-rumah ini dikoordinir oleh satu atap, dibawah perlindungan pimpinan tertinggi daerah yakni Gubernur,” katanya.


Rumah-rumah yang akan dibuat merujuk model ini sebagai acuan. Karena model ini sudah menjalani proses penelitian kelayakan dan memenuhi standar kenyamanan dan keamanan. Lebih lanjut Ma’arif mengatakan, bahwa semua bahan-bahan diusahakan berasal dari daerah bencana, sehingga bisa menggerakkan ekonomi daerah terkena yang bencana.

Rumah yang 90% terbuat dari bahan bambu ini merupakan ‘pilot project’ dengan ukuran luas bangunan 36m², terdiri dari dua kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi ruang kosong yang bisa dipakai untuk dapur.

Lalu kapan warga bisa menempati Huntara ini? Syamsul Ma’arif mengatakan, menunggu keadaan sudah reda dari merapi dan status merapi sudah dinyatakan aman.

“Pada tahap sekarang adalah tahap pembuatan,” pungkasnya. (man/ rpd)

Related Posts:

0 Response to "'Huntara' untuk Korban Merapi Resmi Diluncurkan Sri Sultan"

Posting Komentar