Mobil-mobil Mewah di Batam Disita Polisi

Batam - Tim Bareskrim Mabes Polri beserta polisi dari Polda Kepri hingga Kamis (23/9) malam sudah menyita sekitar 70 mobil mewah. Mobil import selundupan ini disita dari pemiliknya karena surat-suratnya juga diduga palsu. Mobil tersebut kemudian diamankan di kantor Polresta Barelang, Batam.

Tim Mabes Polri di bawah kendali Direktur I Bareskrim Brigjen Pol, Saud Usman Nasution beserta tim polisi dari polda Kepri mendatangi rumah, kantor dan menyetop di jalan mobil-mobil mewah yang diantaranya memakai seri X dibelakang nomor polisinya.

Brigjen Pol Usman Nasution, kepada wartawan mengatakan bahwa mobil-mobil mewah ini diamankan karena diduga memiliki dokumen palsu dan masuk ke Batam secara ilegal.


"Mobil-mobil ini datanya dipalsukan dan dibuat mundur untuk menghindari pajak. Siapa pun yang terlibat dalam pemalsuan ini, akan kami tindak tegas," kata Usman.

Seri X diakhir nomor kenderaan merupakan tanda mobil tersebut merupakan import mobil yang bebas PPN dan PPn BM. Namun kebijakan tersebut berakhir setelah pemerintah menerbitkan PP No 63/2003 tentang PPN dan PPn BM di Batam, dalam peraturan tersebut mengatur larangan import mobil bekas ke Batam.

Sementara Kabid Humas Polda Kepri AKBP Hartono mengatakan bahwa penyitaan mobil selundupan tersebut sudah direncanakan polisi jauh hari sebelumnya. Polisi mensinyalir adanya mobil seludupan yang juga memiliki dokumen palsu.

“Polda Kepri sudah menyelidik jauh hari sebelumnya, karena ada informasi dari masyarakat yang tentunya juga dilaporkan ke Mabes Polri,” ujar Hartono.

Penyitaan mobil ini melibatkan petugas gabungan yang terdiri 12 petugas dari Reserse, 15 dari Satlantas, 20 dari Brimob dan petugas dari Mabes Polri.


Beni (35) seorang karyawan Bank Perkreditan Rakyat yang ditemui dilapangan mengatakan bahwa mobil bosnya dijemput petugas ke rumah, meskipun memiliki dokumen lengkap dengan alasan ada perintah dari Mabes Polri.

“Ya, tadi ada petugas menjemput ke rumah, padahal dokumennya lengkap semuanya. Petugas bilang, ada perintah dari Mabes Polri,” katanya. (asf/tf)

Related Posts:

0 Response to "Mobil-mobil Mewah di Batam Disita Polisi"

Posting Komentar