Sepuluh Tips Atasi Stress

Ada hal-hal tertentu yang tidak bisa kita ubah dalam hidup, meski kita telah berusaha keras. Saat berhadapan dengan hal yang tak terelakkan, hal tak terduga atau pengalaman menyakitkan yang ada di luar kendali kita, dapat menyebabkan stres berat.

Dalam kurun waktu tersebut orang seringkali mengambil jalan pintas pada obat-obatan, minuman alkohol ataupun merokok yang seringkali hanya sebatas untuk dapat bertahan dari tekanan berat yang menimpa mereka.

Tak peduli mengalami seberapa berat, ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini secara efektif.

1. Peregangan

Berbaring dan regangkan tubuh Anda. Bernapaslah selama setiap peregangan, relaksasi secara sadar ketika meregangkan otot-otot tubuh. Seringkali stres disimpan dalam tubuh kita, dan berakhir pada perasaan tegang.

Dengan mengendurkan area tegang, dapat membantu melepaskan stres atau emosi yang terpendam. Ketika kita melepaskan ketegangan, kita akan merasa jauh lebih baik. Dengan pelatihan relaksasi melalui peregangan tubuh secara intens, tubuh juga dapat dilatih relaksasi sesuai dengan keinginan.

2. Bernafas dalam-dalam

Bernafas secara perlahan dan sadar dapat membantu seseorang untuk memperlambat proses berpikir dan mengamati alur pernafasan. Ketika kita menyadarinya, kita dapat mengeluarkan nafas lebih efektif. Banyak orang menahan nafas ketika mereka cemas. Menghembuskan napas dalam-dalam dapat melegakan perasaan, seolah-olah beban telah terangkat.

Dalam yoga, seseorang diajarkan untuk bernapas melalui hidung, kerongkongan lalu masuk ke dalam perut. Hal ini dapat membantu memperlambat alur napas, sehingga membawa pada perasaan yang lebih tenang.

3. Tegang lalu lepaskan

Angkat alis dan buka mulut lebar-lebar, melibatkan semua otot di wajah. Lalu lepaskan. Ini membantu merelaksasi gemertak rahang atau kerutan alis. Kelihatannya sangat sederhana, namun berefek luar biasa pada pikiran dan tubuh.

Tegangkan seluruh tubuh Anda. Buat kepalan tangan yang kuat, arahkan kaki Anda, angkat bahu Anda dan kencangkan kaki serta tangan Anda. Lalu lepaskan semuanya sekaligus. Idealnya, ini dilakukan dengan berbaring. Ketika Anda melepaskan ketegangan, berbaring sejenak dan rasakan sensasi relaksasi yang mengalir dalam tubuh.

4. Latihan keras

Larilah secepat mungkin. Keluarkan semuanya. Ini adalah kesempatan Anda untuk mendorong keluar sifat agresif selama satu atau dua menit. Tapi kemudian berjalanlah. Jalan perlahan-lahan. Sadar tenang.

Memperlambat seluruh sistem tubuh Anda. Menahan diri dengan memperlambat detak jantung. Tindakan mendorong secara ekstrim dan meredakan secara ekstrim akan melatih tubuh untuk dapat pulih dari stres dengan cepat. Ketika Anda semakin terlatih pada latihan keras ini, waktu pemulihan akan menjadi lebih mudah.

5. Hangati tubuh Anda

Gosokkan kedua tangan Anda dengan penuh semangat sampai terasa panas. Kemudian letakkan mereka pada wajah Anda, nikmati aliran panasnya. Ini akan sangat menghibur dan membantu Anda untuk tenang.

Cara manjur lainnya untuk membantu meningkatkan pencernaan adalah tidur dengan botol air panas pada perut Anda. Ini akan membantu membuka simpul yang mungkin telah terbentuk di perut Anda.

6. Jadwalkan waktu untuk cemas

Kita mudah terobsesi atas masalah yang dapat membuat cemas dan juga terbiasa mengabaikannya. Kedua respon ini akan berakhir dengan meningkatnya perasaan cemas. Cara ampuh untuk mengatasinya adalah disaat kita kewalahan dengan suatu masalah, cobalah atur waktu untuk memikirkannya, mencatatnya dalam buku harian atau membahasnya. Setiap kali pikiran dan perasaan pada seputar permasalahan ini muncul bertubi-tubi, ingatkan diri Anda bahwa sekarang bukan saatnya menangani masalah tersebut. Anda akan menghadapinya setelah Anda telah tentukan jadwalnya.

7. Menulis

Menuliskan masalah yang terjadi seringkali membantu memperjelas apa yang harus Anda hadapi. Ini merupakan cara yang hebat jika Anda menemukan diri di tengah kekhawatiran akan hal-hal yang mungkin tidak dapat Anda tangani. Tuliskan semuanya dan jadwalkan waktu untuk menangani mereka pada hari berikutnya, sehingga Anda dapat cukup beristirahat. Ingatlah bahwa kita selalu lebih efektif jika kita beristirahat cukup.

8. Menjadi Rasional

Tuliskan kekhawatiran Anda dan kemungkinan hasil yang paling ekstrim. Kemudian ambil pandangan jujur terhadap mereka dan lihatlah apakah dugaan-dugaan Anda rasional. Sebagai contoh, sering orang berpikir bahwa mereka tidak mampu menangani sesuatu jika hasilnya seperti yang mereka takutkan. Seseorang bisa berpikir, “Saya tidak bisa menangani hal itu karena akan membunuhku.” Apakah itu kemungkinan rasional yang dapat menyebabkan Anda mati jika mendapat hasil terburuk? Jika itu tidak rasional, tuliskan kemungkinan rasional apa yang akan terjadi.

9. Mendengarkan musik klasik

Musik dikenal memiliki efek yang luar biasa pada diri kita. Musik klasik atau lagu-lagu pujian umumnya mempunyai efek yang sangat menenangkan. Mendengarkannya saat keadaan kacau dapat menenangkan.

10. Biarkan pergi

Seringkali stres meningkat karena ada ancaman serius. Dapat berupa ancam-an kematian secara harfiah (menderita penyakit kanker kronis) atau mungkin ancaman hilangnya reputasi, masalah dengan otoritas, atau hilangnya kenyamanan. Apa pun itu, memegang erat hal yang mungkin akan dipaksa untuk dilepas hanya akan membuat segalanya menjadi lebih sulit. Dengan ikhlas menerima hasil, menyadari bahwa mereka mungkin sulit untuk ditangani, bisa jadi kita akan melihat lebih jelas bahwa diujung jalan ada sebuah harapan. Seseorang mungkin dapat menemukan peluang luar biasa saat berhadapan dengan kesulitan. (www.theepochtimes.co.id)

Related Posts:

0 Response to "Sepuluh Tips Atasi Stress"

Posting Komentar