Raport Merah China Dalam Barometer Kebebasan Asia 2010

China menempati rangking ke-11 dari 16 negara dalam Freedom Barometer Asia 2010 dengan nilai 36.61, setingkat di bawah Vietnam yang berskor 49.97. Kekuasaan di China dan Vietnam yang dikendalikan dengan sistem satu-partai serta pemasungan kebebasan pers, membuatnya masuk peringkat "tidak bebas". Urutan paling bawah diduduki oleh Korea Utara dengan skor 0.

Demikian siaran pers yang dikeluarkan oleh Friedrich Naumann Stiftung yang diterima di Jakarta, Jumat (4/3/2011). Freedom Barometer merupakan inisiatif kantor regional Asia Tenggara dan Asia Timur Friedrich Naumann Stiftung yang mengukur tingkat kebebasan di negara- negara Asia baik di bidang politik, ekonomi, dan penegakan hukum.


Sehubungan dengan bidang ekonomi, kinerja China pada tahun 2010 dianggap sangat luar biasa.“Namun, kita tidak boleh menyesatkan oleh pertumbuhan pesat ekonomi China. Sektor keuangan China dan sistem perdagangan masih sangat diatur Negara. Karena pertumbuhan negara terutama bergantung pada investasi aset tetap, keberlanjutan pola pembangunan China masih rendah,” bunyi rilis edisi terbaru dari Barometer Kebebasan Asia ini.

Sama seperti pada tahun 2009, Jepang merupakan negara paling bebas di Asia dan menduduki peringkat di atas daftar. Hal ini disebabkan sistem negara yang ditandai dengan pemilihan umum yang bebas dan adil, peradilan yang independen dan ekonomi pasar bebas di negara ini. Namun, tentang pertahanan dan perlindungan hak asasi manusia, Jepang menunjukkan beberapa kekurangan.

Di Asia Timur Negara, Taiwan dan Korea Selatan keduanya menunjukkan perbaikan di tingkat pemilihan umum yang bebas dan adil di tahun-tahun terakhir. Negara kota Singapura memiliki ekonomi yang kuat dengan tingkat tinggi perlindungan hak milik dan sektor kompetitif keuangannya. Namun, karena kelemahan terkait dengan hak-hak sipil dan kebebasan politik, Singapura hanya menempati urutan keempat.

Mongolia berhasil meraih peringkat ketiga dari atas dalam Barometer Kebebasan. Meskipun dibebani dengan tingkat korupsi tinggi dan pelanggaran hak asasi manusia, lanskap politik Mongolia dan sistem ekonominya relatif bebas.

Indonesia menempati rangking enam dalam Freedom Barometer Asia 2010 dengan total nilai 58,52, turun dari total nilai pada tahun 2009 yaitu 63,47. Dalam kategori kebebasan politik, dengan skala 1-10 untuk pemilihan umum yang jujur dan terbuka, Indonesia memperoleh nilai 8,57. Untuk kategori kebebasan pers, Indonesia memperoleh nilai 7,25.

Thailand, Malaysia dan Filipina memperoleh nilai yang hampir sama. Mereka adalah, dalam kata-kata Freedom House, "sebagian bebas", dengan sedikit penurunan dalam peringkat keseluruhan tahun ini 'dibandingkan dengan 2009. Hal ini terutama disebabkan oleh konflik internal kekerasan dan kekurangan dalam kebebasan pers dan kebebasan berekspresi. (ananta dharma)

Related Posts:

0 Response to "Raport Merah China Dalam Barometer Kebebasan Asia 2010"

Posting Komentar