Beberapa Tips Tentang Daging

Berikut beberapa tips untuk mengolah daging dengan benar.

1. Daging segar

Daging segar yang kita beli dari supermarket, kebanyakan telah dicairkan dari pembekuan, kalau dibekukan sekali lagi, gizi dan kelezatan daging akan hilang, maka sebaiknya dibumbui atau dimasak terlebih dahulu baru kemudian dibekukan.

Sebelum dibekukan, dibungkus, dijadikan beberapa bungkus kecil, supaya mudah beku dan pada saat diperlukan cukup dikeluarkan seperlunya saja. Hal ini untuk menghindari daging dicairkan berulang-ulang sehingga akan mempengaruhi kelezatannya. Selain itu sebaiknya dihabiskan pada saat masih segar, maksimal bisa disimpan selama 1 bulan.

2. Daging irisan tipis

Cara membekukan:

Irisan daging diletakkan di atas baki aluminium yang telah dilapisi lembaran plastik. Kemudian tutup lagi dengan lembaran plastik, dan letakkan daging irisan lapis ke-2. Demikian seterusnya, akan tetapi dianjurkan maksimal hanya 3 lapis saja. Hal ini untuk menghindari sulitnya pembekuan. Pada lapisan terakhir perlu ditutup dengan lembaran plastik lagi, kemudian masukkan kedalam ruang pembeku (freezer). Setelah membeku, irisan daging tersebut dimasukkan kedalam kantong tertutup yang telah dikeluarkan udaranya.

Cara mencairkannya :

Setiap kali sebelum memasaknya, keluarkan seperlunya saja kemudian masukkan kedalam ruang pendingin untuk dicairkan secara perlahan.

3. Potongan daging

Cara membekukan:

Ditumis terlebih dulu dengan api besar, supaya kaldu daging yang lezat terkunci dan tidak merembes keluar dari potongan daging. Kemudian letakkan diatas nampan aluminium yang telah dilapisi dan kemudian tutup dengan lembaran plastik lagi. Setelah itu masukkan kedalam ruang pembeku (freezer). Setelah beku masukkan kedalam kantongan tertutup yang telah dikeluarkan udaranya.

Cara mencairkannya:

Masukkan ke dalam ruang pendingin untuk dicairkan secara perlahan. Akan tetapi ada hal yang perlu diperhatikan, bahwa potongan daging tersebut jangan terlalu besar, karena proses pembekuan dan pencairan terlalu lama akan mempengaruhi kelezatan daging.

4. Daging cincang

Cara membekukan:

Masak terlebih dahulu atau di-tumis dulu, atau dicelupkan kedalam air mendidih sebentar. Sete-lah dingin dibagi menjadi beberapa bagian, kemudian dibungkus dengan lembaran plastik lagi. Saat membungkus daging cincang perlu didatarkan dan sebisa mungkin udaranya dikeluarkan terlebih dulu.

Cara mencairkannya:

Saat memerlukannya, langsung keluarkan sebagian untuk dimasak tidak perlu dicairkan.

5.Tulang iga

Cara membekukan:

Taburkan garam dan merica, lalu dibungkus dengan lembaran plastik, letakkan diatas nampan aluminium dan masukkan kedalam ruang pembeku (freezer).

Setelah beku, bungkus lagi dengan kertas aluminium untuk menghindari oksidasi.

Terakhir masukkan kedalam kantong tertutup yang sudah dikeluarkan udaranya.

Cara mencairkannya:

Setelah dicairkan perlahan di ruang pendingin, goreng dengan menggunakan sedikit minyak hingga matang, atau dapat juga dimasukkan kedalam oven. (The Epoch Times/wcn)


Related Posts:

0 Response to "Beberapa Tips Tentang Daging"

Posting Komentar