Jalan Hidup Sehat, Falun Gong

Di dunia Barat, banyak orang yang mengakui metode penyembuhan alternatif di luar paradigma medis moderen. Orang-orang mengubah makanan yang mereka konsumsi, meminum jamu atau tanaman herbal, mencari ahli akupunktur, menjalani terapi warna, terapi pemijatan, pengobatan chiropractic (terapi tulang belakang karena sistem syaraf pusat dalam tubuh manusia mengatur semua sistem organ tubuh melalui simpul-simpul syaraf yang dilindungi tulang belakang), yoga, dan berkonsultasi dengan dokter medis ayurveda (bentuk pengobatan alternatif yang biasa dilakukan di India).

Qigong (baca: jikung) juga memperoleh ketenaran. Dia merebak di pusat-pusat kebudayaan, di studio-studio kebugaran/fitness, pusat-pusat komunitas masyarakat, dan pusat-pusat pelatihan holistik utama seperti Omega. Bagaimanapun juga, cobalah Anda kunjungi lingkungan orang Tionghoa manapun di pagi hari dan pasti Anda akan menemukan banyak sekali orang Tionghoa dari berbagai lapisan usia sedang berlatih qigong, Taichi, dan Falun Gong.

Bangsa Tiongkok dikenal memiliki “rahasia kuno” yang membantu mereka terlihat lebih muda, panjang umur, dan memiliki kearifan. Sepanjang awal 1990-an, Falun Gong, salah satu bentuk latihan qigong, berkembang dengan pesat dan mencapai puncak kepopulerannya di seluruh Tiongkok.

Mengapa, dengan semua “rahasia kuno” yang mereka miliki, Falun Gong tetap menjadi bentuk latihan qigong yang begitu populer di seluruh negeri? Mengapa sampai saat ini masih dipraktekkan secara meluas, meskipun telah dilakukan penyiksaan bengis pada para praktisinya? Apakah Falun Gong itu dan apa yang membuatnya menjadi latihan yang begitu menonjol?

Falun Gong terdiri dari empat gerakan berdiri dan satu gerakan meditasi duduk, dan bersamaan dengan latihan tersebut, para praktisi perlu mengultivasi diri mereka. Kultivasi berarti secara gigih terus-menerus mematut diri menurut prinsip Sejati, Baik, dan Sabar.

Mengultivasi itu sendiri adalah sasaran pokok menjadi seorang praktisi Falun Gong, sedangkan melakukan gerakan latihan hanya bersifat tambahan. Kebanyakan orang yang mempraktekkan latihan gerakan dan mengikuti prinsip-prinsip ajaran Falun Gong melaporkan peningkatan kesehatan pada diri mereka.

Seringkali, peningkatan ini hampir-hampir tak kentara, meliputi hal-hal seperti meringankan stress, tidur terasa lebih enak, suatu perasaan “ringan” dan lebih energik, dan suasana hati yang lebih bahagia. Banyak orang lain melaporkan peningkatan kesehatan dramatis, termasuk lenyapnya penyakit-penyakit yang butuh perawatan sepanjang-hidup.

Cara spesifik Falun Gong (juga disebut Falun Dafa, baca: fa lun ta fa) yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit tidak dapat dipahami oleh pengobatan moderen, tetapi efeknya dapat diukur.

Sensus pemerintah Tiongkok yang diambil pada 1998 menunjukkan bahwa sedikitnya 70 juta orang melakukan praktek Falun Gong di Tiongkok. Ini membuat Falun Gong menjadi praktek qigong paling populer dalam sejarah Tiongkok. Banyak kesaksian dari pengalaman pribadi para praktisi bahwa Falun Gong memiliki khasiat penyembuhan yang mujarab.

“Hanya satu bulan setelah saya mulai berkultivasi prinsip alam semesta Falun Dafa yakni Sejati, Baik, dan Sabar, penyakit leukemia yang tidak dapat diobati oleh pengobatan kedokteran moderen, dan telah menghabiskan ratusan ribu yuan (saat ini kira-kira 1 yuan =1.830,63 rupiah) harta keluarga saya, sepenuhnya lenyap” kata salah satu praktisi Falun Gong di daratan Tiongkok.

“Sebelumnya saya menderita osteonekrosis atau osteonecrosis (kematian atau degenerasi jaringan tulang) stadium dua di kedua pinggul saya dan praktis menjadi lumpuh untuk hampir satu tahun. Namun demikian, hanya tiga - empat hari setelah saya mulai berlatih Falun Dafa, saya dapat membuang tongkat saya dan mampu berjalan lagi” kata praktisi Falun Gong yang lainnya di daratan Tiongkok.

Pada 1998, survei medis-utama dilakukan pada Praktisi Falun Gong di Beijing. Menurut survey tersebut, lebih dari 12,731 peserta, 93.4 % praktisi awalnya memiliki berbagai macam penyakit, dan 49.8 % menderita sedikitnya tiga penyakit sebelum mereka berlatih Falun Gong.

Dengan mempelajari dan berlatih Falun Gong, kesehatan praktisi meningkat dengan pesat. Rata-rata peningkatannya adalah 99.1 %, dan diantaranya, yang mencapai tingkat kesembuhan secara total adalah 58.5 %. Membandingkan kesehatan praktisi Falun Gong sebelum dan sesudah berlatih Falun Gong, 80.3 % peserta melaporkan peningkatan. Di antara mereka, prosentase yang melaporkan bahwa mereka merasakan “kondisi yang sangat energik” meningkat dari 3.5 % sebelum berlatih menjadi 55.3 % setelah berlatih.

Survei juga menunjukkan bahwa 12,287 orang, atau 96.5 % peserta, merasakan kondisi psikologis yang lebih sehat setelah berlatih Falun Gong.

Survei Beijing juga menunjukkan bahwa jumlah orang yang berlatih Falun Gong meningkat setiap tahun, dan laju pertumbuhannya sangatlah cepat.

Menurut survei itu, praktisi Falun Gong bisa menghemat biaya pengobatan 3,270 yuan setiap orang per tahun dalam satu kondisi. (Yuan adalah mata uang Tiongkok, dan pada saat survei dilakukan, 1 Yuan bernilai sekitar 12 dolar. Rata-rata pekerja di Tiongkok menghasilkan sekitar 500 yuan per bulan). Dengan menghitung jutaan orang yang ikut berlatih, seseorang dapat dengan mudah melihat bahwa Falun Gong dapat menghemat biaya medis Tiongkok sampai milyaran dolar.

Survei lain yang diselenggarakan di Taiwan. Lebih dari 1,182 peserta, 72 persen praktisi Falun Gong hanya menggunakan satu kartu asuransi kesehatan, dari enam kunjungan yang diperbolehkan, ke jasa pelayanan kesehatan setiap tahunnya.

Pemakaian pelayanan kesehatan bagi praktisi Falun Gong kira-kira setengah dari pelayanan kesehatan populasi umum. Laporan itu juga menunjukkan bahwa Falun Gong mempunyai efek yang luar biasa atas penghapusan kebiasaan tak sehat dan kecanduan. Studi menunjukkan 81 % sukses berhenti merokok, 77 % menghindari alkohol, dan 85 % berhenti berjudi.

“Ketika saya berlatih gerakan pada hari berikutnya, badan saya terasa ringan, dan semua gejala penyakit lenyap. Saya merasa seperti ditiup oleh angin sepoi-sepoi ketika saya berjalan. Saya merasa seperti saya sedang didorong ketika mengendarai sepeda saya. Dan saya tidak merasakan lelah lagi ketika menaiki tangga. Beberapa penyakit anak saya juga menghilang” kata Fengying Mao, 40, seorang perawat bedah di Tiongkok dan sekarang tinggal Amerika Serikat.

“Ketika mempelajari prinsip-prinsip Falun Gong dan berlatih gerakan, saya menjadi sangat tenang dan sangat tentram dalam jiwa saya. Sekarang saya dapat objektif terhadap diri saya dan pada berbagai hal yang secara normal membebani hidup saya. Setelah membaca ajarannya saya menyadari bahwa saya tidak menjalani hidup saya seperti yang seharusnya saya lakukan: yakni sesuai prinsip Sejati, Baik, dan Sabar. Semakin saya mempelajari ajarannya, semakin saya dapat mendekati ketiga prinsip ini” kata Orysia McCabe dari Canada.

Banyak kesaksian dari praktisi Falun Gong yang terlihat seperti mukjizat, dan banyak pihak mungkin mempertanyakan kemungkinan bahwa peningkatan kesehatan telah dilakukan oleh Falun Gong. Namun fakta bahwa laporan-laporan semacam ini semakin sering terjadi, telah mendorong lebih banyak penyelidikan ilmiah. (From : www.epochtimes.co.id)

Related Posts:

0 Response to "Jalan Hidup Sehat, Falun Gong"

Posting Komentar